Jenis-Jenis Membaca

Jenis-Jenis Membaca

Jenis-jenis membaca. Artikel ini membahas macam-macam jenis orang dalam membaca. Kholid A. Harras dan Lilis Sulistianingsih (1998: 2.13) mengemukakan bahwa dilihat dari cakupan bahan teks yang dibaca membaca dapat digolongkan kedalam dua jenis, yaitu “membaca ekstensif (extensive reading) dan membaca intensif (intensive reading).” Berikut ini adalah penjelasan dari kedua jenis membaca tersebut.

Pertama, Membaca ekstensif (extensive reading)
Membaca ekstensif merupakan program membaca yang dilakukan secara luas. Membaca ekstensif terdiri dari tiga jenis membaca seperti berikut ini.
  1. Membaca survey (survey reading) adalah kegiatan membaca dengan tujuan untuk mengetahui gambaran umum isi serta ruang lingkup dari bahan teks yang akan dibaca.
  2. Membaca sekilas (skimming) adalah membaca yang membuat mata kita bergerak cepat melihat dan memperhatikan bahan tertulis untuk mencari dan mendapatkan informasi secara tepat. Skimming disebut juga sebagai kegiatan membaca secara cepat, selektif serta bertujuan.
  3. Membaca dangkal (superficial reading) merupakan kegiatan membaca untuk memperoleh pemahaman yang dangkal atau tidak terlalu mendalam dari bahan teks yang dibaca. Kegiatan membaca ini biasanya dilakukan untuk mencari kesenangan atau kebahagiaan.
Kedua, Membaca Intensif (intensive reading)
Membaca intensif merupakan program kegiatan membaca yang dilakukan secara seksama. Secara umum membaca intensif dibagi menjadi dua golongan seperti berikut ini:

a) Membaca Telaah Isi
1) Membaca teliti diartikan sebagai membaca seksama yang bertujuan untuk memahami secara detil gagasan-gagasan yang terdapat dalam teks atau melihat organisasi penulisan atau pendekatan yang digunakan penulis.
2) Membaca pemahaman adalah salah satu bentuk kegiatan membaca dengan tujuan untuk memahami isi pesan yang terdapat dalam teks. Membaca pemahaman lebih menekankan pada penguasaan isi teks, bukan pada indah, cepat, atau lambatnya membaca.
3) Membaca kritis adalah jenis kegiatan membaca yang dilakukan secara bijaksana, mendalam, evaluatif, analisis, dan bukan hanya mencari kesalahan.
4) Membaca ide adalah sejenis kegiatan membaca yang bertujuan untuk mencari, memperoleh serta memanfaatkan ide-ide yang terdapat dalam teks.

b) Membaca Telaah Bahasa
1) Membaca bahasa asing umumnya bertujuan untuk mengembangkan kosakata dan mencapai kefasihan.
2) Membaca sastra merupakan kegiatan membaca karya-karya sastra, baik dalam hubungannya dengan kepentingan apresiasi maupun kepentingan studi atau kepentingan pengkajian.

Demikian artikel singkat tentang jenis-jenis cara membaca. Semoga dapat dijadikan referensi bacaan.


Artikel Terkait
share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Srima Pom Mini, Published at 16.00