Hidup Secara Sederhana

Hidup Secara Sederhana

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

Sebelum materi kuiah tujuh menit kami sampaikan, marilah kita terlebih dahulu memanjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah swt. Atas limpahan rahmat-Nya, sehingga samapai detik ini kita masih dipertemukan oleh Allah dalam keadaan sehat wal afiyat tanpa ada halangan suatu apapun.

Shalawat serta salam semoga tetap tercurakan kepada nabi besar Muhammad saw., karena dengan ajarannya kita bisa membedakan yang hak dan yang bathil berkat hidayah Allah swt.

Dalam kehidupan sehari-hari orang islam hendaknya hidup secara sederhana, jangan sampai berhambur-hamburan, berlebih-lebihan, dan jangan pula bermegah-megahan. Karena dengan sikap tersebut, termasuk perbuatan setan. Untuk hidup sederhana perlu sekali untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Agama islam sama sekali tidak mengajarkan hidup mewah dan berlebih-lebihan, tetapi islam mengajarkan agar kita tetap hidup sederhana. Dan hidup sederhana, seperti halnya makan tidak terlalu berlebih-lebihan, minum tidak berlebih-lebihan, pakaian juga tidak mewah, demikian juga membelanjakan harta atau bersedekah tiadak boros.

Berkaitan dengan hal tersebut diatas, maka Nabi saw. Bersabda:

Artinya: makanlah, minumlah, pakailah dan bersedekahlah janagan berlebihan, jangan untuk bermegah-megahan.

Kebahagiaan hidup dalam pandangan Islam tidak berkutat pada sisi materi. Walaupun Islam mengakui kalau materi menjadi bagian dari unsur kebahagiaan.

Islam pada dasarnya memandang masalah materi sebagai sarana bukan tujuan. Oleh karenanya, Islam memberikan perhatian sangat besar pada unsur ma'nawi seperti memiliki budi pekerti yang luhur sebagai cara mendapatkan kebahagiaan hidup.

Sesungguhnya keridlaan hamba tergantung pada dzat tempat bergantung. Dan Allah Dzat yang paling membuat hati hamba tentram dan dada menjadi lapang dengan mengingat-Nya. Karena kepadaNya seorang mukmin meminta bantuan untuk mendapatkan kebutuhan dan menghindarkan dari mara bahaya. Karena itulah, syariat mengajarkan beberapa dzikir yang mengikat antara seorang mukmin dengan Allah Ta'ala sesuai tempat dan waktu, yaitu ketika ada sesuatu yang diharapkan atau ada sesuatu yang menghawatirkannya. Dzikir-dzikir tadi mengikat seorang hamba dengan penciptanya sehingga dia akan mengembalikan semua akibat kepada yang mentakdirkannya.

Berikut ini beberapa nash yang menunjukkan hubungan dzikir dengan kebahagiaan seorang hamba.

Hidup sederhana berarti membebaskan segala ikatan yang tidak di perlukan. Berbeda dengan kemiskinan, kesederhanaan merupakan suatu pilahan, keputusan untuk menjalani hidup yang berfokus pada apa yang benar-benar berarti. Memahami pengertian hidup sederhana tidak bisa di maknai secara sederhana, artinya hidup sederhana ini memiliki pengertian yang luas. Jika seseorang memaknai pengertian hidup sederhana secara simple maka terkesan bahwa hidup sederhana itu hidup yang apa adanya. Padahal maksud dari hidup sederhana bukan semacam itu. Hidup sederhana bukan berarti hidup miskin atau kikir. Namun hidup sederhana adalah hidup yang di sesuaikan dengan kebutuhan dan tidak berlebihan dalam menggunakan harta yang ada. Sederhana lebih menekankan pada aspek gaya hidup bukan pada usaha yang di lakukan seseorang. Artinya usaha untuk mencapai kesuksesan tidak bolah sederhaha, tapi harus semaksimal mungkin di lakukan. Hal ini mengisyaratkan bahwa hidup sederhana adalah menggunakan hasil yang sudah di upayakan secara maksimal dengan sederhanasesai dengan kebuthan yang ada.

Demikian sekilas yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan membawa manfaat. Semoga kita menjadi orang yang kuat menahan akan ke indahan dunia yang sesaat, Amin

Kurang lebihnya saya minta maaf, dan terimakasih atas perhatiannya..

Wssalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh.


Artikel Terkait
share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Unknown, Published at 00.34