Ruang lingkup Pendidikan Islam

Ruang lingkup Pendidikan Islam

Secara etimologi ruang lingkup berasal dua kata terdiri dari ruang dan lingkup yang artinya luar subjek yang tercakup ( Depdikbud, 1989 : 775 ).
Ruang lingkup pendidikan Islam mengandung pandangan secara ilmiah sangat luas, karena di dalamnya segi-segi atau pihak-pihak yang ikut baik langsung atau tidak langsung. Adapun ruang lingkup pendidikan Islam adalah sebagai berkut :
  1. Perbuatan pendidikan itu sendiri, yaitu seluruh kegiatan, tindakan atau perbuatan dan sikap yang dilakukan oleh pendidikan sewaktu menghadapi / mengasuh anak didik.
  2. Anak didik, yaitu objek terpenting dalam pendidikan.
  3. Dasar dan tujuan pendidikan Islam, landasan yang menjadi pedoman serta sumber segala kegiatan pendidikan Islam yang dilakukan.
  4. Pendidik, subjek yang melakukan pendidikan Islam.
  5. Materi pendidikan islam, yaitu bahan-bahan, atau pengalaman-pengalaman belajar ilmu agama islam yang disusun sedemikian rupa (dengan susunan yang lazim tetapi logis) untuk disajikan atau disampaikan kepada anak didik.
  6. Metode pendidikan Islam, ialah cara yang paling tepat dilakukan oleh pendidik untuk menyampaikan bahan atau materi pendidikan Islam kepada anak didik.
  7. Evaluasi pendidikan, yaitu memuat cara-cara bagaimana mengadakan evaluasi atau penilaian terhadap hasil belajar anak didik.
  8. Alat-alat pendidikan, yaitu alat-alat yang dapat digunakan selama melaksanakan pendidikan Islam agar tujuan pendidikan Islam tersebut lebih berhasil.
  9. lingkungkan sekitar, yaitu keadaan-keadaan yang ikut berpengaruh dalam pelaksanaan serta hasil pendidikan Islam ( Nur Uhbiyati. 1997 : 15 )
Adapun ruang lingkup pendidikan Islam menurut HM Arifin, ( 2003 : 12 ).
  1. Lapangan hidup keagamaan bertujuan agar perkembangan kepribadian manusia sesuai dengan norma-norma ajaran Islam.
  2. Lapangan hidup berkeluarga bertujuan agar dapat berkembang menjadi keluarga yang sejahtetra.
  3. Lapangan hidup ekonomi, bertujuan agar dapat berkembang menjadi sistem kehidupan yang bebas dari penghisapan manusia oleh manusia.
  4. Lapangan hidup masyarakat, bertujuan agar terbina masyarakat yang adil dan makmur di bawah rihdo dan ampunan Allah.
  5. Lapangan hidup polotik, bertujuan agar tercipta sistem demokrasi yang sehat dan dinamis sesuai ajaran Islam.
  6. Lapangan seni budaya, bertujuan agar menjadi kehidupan manusia penuh keindahan dan kegairahan yang tidak gersang dari nilai moral agama.
  7. Lapangan hidup ilmu pengetahuan bertujuan, agar berkembang menjadi alat untuk mencapai kesejahteraan hidup umat manusia yang dikendalikan oleh iman.
Dari kedua pendapat tersebut tentang ruang lingkup pendidikan Islam, dapat disimpulkan bahwa yang menjadi ruang lingkup pendidikan Islam adalah seluruh aspek yang berkaitan dengan keberhasilan pendidikan yang dilaksanankan supaya mendapatkan hassil yang maksimal.


Artikel Terkait
share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Srima Pom Mini, Published at 01.27