Ruang lingkup pendidikan Islam mengandung pandangan secara ilmiah sangat luas, karena di dalamnya segi-segi atau pihak-pihak yang ikut baik langsung atau tidak langsung. Adapun ruang lingkup pendidikan Islam adalah sebagai berkut :
- Perbuatan pendidikan itu sendiri, yaitu seluruh kegiatan, tindakan atau perbuatan dan sikap yang dilakukan oleh pendidikan sewaktu menghadapi / mengasuh anak didik.
- Anak didik, yaitu objek terpenting dalam pendidikan.
- Dasar dan tujuan pendidikan Islam, landasan yang menjadi pedoman serta sumber segala kegiatan pendidikan Islam yang dilakukan.
- Pendidik, subjek yang melakukan pendidikan Islam.
- Materi pendidikan islam, yaitu bahan-bahan, atau pengalaman-pengalaman belajar ilmu agama islam yang disusun sedemikian rupa (dengan susunan yang lazim tetapi logis) untuk disajikan atau disampaikan kepada anak didik.
- Metode pendidikan Islam, ialah cara yang paling tepat dilakukan oleh pendidik untuk menyampaikan bahan atau materi pendidikan Islam kepada anak didik.
- Evaluasi pendidikan, yaitu memuat cara-cara bagaimana mengadakan evaluasi atau penilaian terhadap hasil belajar anak didik.
- Alat-alat pendidikan, yaitu alat-alat yang dapat digunakan selama melaksanakan pendidikan Islam agar tujuan pendidikan Islam tersebut lebih berhasil.
- lingkungkan sekitar, yaitu keadaan-keadaan yang ikut berpengaruh dalam pelaksanaan serta hasil pendidikan Islam ( Nur Uhbiyati. 1997 : 15 )
- Lapangan hidup keagamaan bertujuan agar perkembangan kepribadian manusia sesuai dengan norma-norma ajaran Islam.
- Lapangan hidup berkeluarga bertujuan agar dapat berkembang menjadi keluarga yang sejahtetra.
- Lapangan hidup ekonomi, bertujuan agar dapat berkembang menjadi sistem kehidupan yang bebas dari penghisapan manusia oleh manusia.
- Lapangan hidup masyarakat, bertujuan agar terbina masyarakat yang adil dan makmur di bawah rihdo dan ampunan Allah.
- Lapangan hidup polotik, bertujuan agar tercipta sistem demokrasi yang sehat dan dinamis sesuai ajaran Islam.
- Lapangan seni budaya, bertujuan agar menjadi kehidupan manusia penuh keindahan dan kegairahan yang tidak gersang dari nilai moral agama.
- Lapangan hidup ilmu pengetahuan bertujuan, agar berkembang menjadi alat untuk mencapai kesejahteraan hidup umat manusia yang dikendalikan oleh iman.