Faktor Penyebab Anak Terlambat Datang Ke Sekolah

Faktor Penyebab Anak Terlambat Datang Ke Sekolah

Penulis artikel dengan judul Mengapa anak terlambat ke sekolah? menceritakan dalam tulisannya dan mengatakan: Dahulu jarak antara rumah saya ke sekolah lumayan jauh, haris ditempuh dengan jalan kaki dan menghabiskan waktu tidak kurang dari 1 jam, belum lagi pulangnya jalan kaki, bisa lebih lama, dan biasanya mencapai 1,5 jam, dan saya tidak pernah mendapatkan sangsi karena terlambat datang ke sekolah, saya heran dengan anak-anak kita sekarang, mereka datang ke sekolah dengan berbagai cara, ada yang naik angkot, diantara orangtua pakai kendaraan pribadi, pakai sepeda, tetap saja mereka kesiangan, bahkan mereka yang jarak rumahnya ke sekolah dekatpun tetap kesiangan. Demikian obrolan beberapa guru di ruangan kantor satu sekolah saat istirahat berlangsung.

Menjawab pertanyaan di atas maka faktor penyebab anak sering datang terlambat ke sekolah dipengaruhi beberapa alasan berikut ini :
  1. Motivasi belajar. Semakin tinggi motivasi seseorang dalam melakukan sebuah pekerjaan, maka dia akan berusaha memaksimalkan persiapan yang diperlukan. Namun ketika motivasi itu luntur, dia tidak akan merespon lagi dalam menghadapi kegiatan yang harus dilakukannya. 
  2. Aturan sekolah. Keterlambatan anak masuk sekolah disebabkan oleh para pengelola lembaga pendidikan yang tidak maksimal dalam membuat aturan dan tata tertib. Sekolah yang beriwibawa adalah sekolah yang memiliki aturan dan tata tertib baku, aturan yang dikomunikasikan antara sekolah dan orangtua, karena bila aturan tersebut tidak disepakati bisa saja memunculkan salah persepsi ketika diberikan hukuman karena pelanggaran. 
  3. Hukuman. Tidak cukup dengan aturan saja, hukuman bagi para pelanggar harus ditegakkan. Namun hukuman yang diberikan pun harus bersifat mendidik. Tidak merusak fisik apalagi psikis si anak, karena dengan cara tersebut tidak akan menyelesaikan pesoalan, bahkan akan menyeret pelakunya ke ranah hukum.
  4. Terbebani orangtua. Tidak jarang seorang anak yang terlambat datang ke sekolah beralasan karena membantu orangtua terlebih dahulu di rumah. Alasan beres-beres rumah, pekerjaan orangtua, mengangkut air dan alasan klasik lainnya. 
Demikian beberapa kemungkinan yang menjadi alasan seorang peserta anak didik terlambat datang ke sekolah. Semoga permasalahan di atas ini bisa kita atasi bersama.


Artikel Terkait
share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Srima Pom Mini, Published at 19.31