Teori Motivasi Menurut Abraham Maslow

Teori Motivasi Menurut Abraham Maslow

Seorang pakar bernama ABRAHAM MASLOW (1943-1970) menjelaskan tentang TEORI MOTIVASI secara umum bahwa pada dasarnya semua manusia memiliki kebutuhan pokok. Menurut Maslow pada uraiannya tentang teori motivasi secara umum dia menggambarkan dengan menunjukkannya dalam 5 tingkatan yang berbentuk piramid, orang memulai dorongan dari tingkatan terbawah.
Lima tingkat kebutuhan menurut Maslow itu dikenal dengan sebutan Hirarki Kebutuhan Maslow, dimulai dari kebutuhan biologis dasar sampai motif psikologis yang lebih kompleks; yang hanya akan penting setelah kebutuhan dasar terpenuhi. Kebutuhan pada suatu peringkat paling tidak harus terpenuhi sebagian sebelum kebutuhan pada peringkat berikutnya menjadi penentu tindakan yang penting.
  • Kebutuhan fisiologis. Dorongan dari kebutuhan fisiologis manusia secara fisik tubuh seperti rasa lapar, rasa haus, dan sebagainya.
  • Kebutuhan rasa aman. Dorongan dari keinginan hati ingin merasa aman dan terlindung, jauh dari bahaya.
  • Kebutuhan akan rasa cinta dan rasa memiliki. Hal ini ditunjukan dengan berafiliasi dengan orang lain, diterima, memiliki.
  • Kebutuhan akan penghargaan. Dorongam motivasi untuk ingin maju, berprestasi, berkompetensi, dan mendapatkan dukungan serta pengakuan.
  • Kebutuhan aktualisasi diri (kebutuhan kognitif: mengetahui, memahami, dan menjelajahi; kebutuhan estetik: keserasian, keteraturan, dan keindahan; kebutuhan aktualisasi diri: mendapatkan kepuasan diri dan menyadari potensinya)
Bila makanan dan rasa aman sulit diperoleh, pemenuhan kebutuhan tersebut akan mendominasi tindakan seseorang dan motif-motif yang lebih tinggi akan menjadi kurang signifikan. Orang hanya akan mempunyai waktu dan energi untuk menekuni minat estetika dan intelektual, jika kebutuhan dasarnya sudah dapat dipenuhi dengan mudah. Karya seni dan karya ilmiah tidak akan tumbuh subur dalam masyarakat yang anggotanya masih harus bersusah payah mencari makan, perlindungan, dan rasa aman.


Artikel Terkait
share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Srima Pom Mini, Published at 18.33