Keutamaan Bersedekah

Keutamaan Bersedekah

Dirasa amat penting sekali jiwa sosial untuk diterapkan di lingkungan keluarga, sanak saudara, bahkan juga di masyarakat luas. Karena dengan jiwa sosial, maka terjalinlah diantara kita saling tolong menolong, kasih sayng. Sehingga orang-orang yang butuh akan pertolongan kita, maka tidak mudah.

Tetapi dalam jiwa orang yang sosial akan tertanam rasa senasib sepenaggungan. Bila kita dalam kelonggaran masalah harta benda, maka hedaklah menjadi orang yang murah tangan. Suka memberi sesuatu kepada orang lain yang membutuhkan. Dengan sedekah yang kita berikan kepada pengemis, orang miskin, dan kepada orang-orangyang amat membutuhkan pertolongan kita dengan rasa tulus dan ikhlas, maka perbuatan semacan ini akan mampu menghapus segala kesalahan.

Tentang pemberian sedekah hendaknya terlebih dahulu diberikan kepada orang -orang yang kita nafkahi, seperti memberikan nafkah kepada keluarga. Dan ini merupakan langkah yang terbaik sekalipun hrta benda yang dimiliki itu hanya sedikit, tetapi lebih diutamakan kepada orang-orang yang dinafkahinya.
Sebungan dengan ini pula, Nabi saw. Bersabda:
Atinya: sedekah yang di berikan kepada orang miskin hanya merupakan shadaqah saja, sedngkan yang di berikan kerabat karib itu merupakan sedekah dan pengubung silaturahmi.
Deikian yang bisa kami sampaikan lewat mimbar kuliah tujuh menit. Mudah-mudahan kita termasuk orang yang gemar bersedekah denagan semata-mata mencari ridha Allah swt. Cukup sekian materi yang bisa kami sampaikan.igdinash shiraathal mustaqiim.


Artikel Terkait
share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Unknown, Published at 10.32