Amar ma’ruf nahi munkar | kultum

Amar ma’ruf nahi munkar | kultum

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh.
Dalam kesempatan yang berbahagia ini, marilah kita bersama-sama memnjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah swt., atas limpahan rahmatnya, sehingga sampai detik ini kita masih di takdirkan oleh Allah bertemu muka, tanpa ada halangan suatu apapun. Mudah-mudahan kegiatan kuliah tujuh menit yang sudah berjalan sekian lama senantiasa membawa manfaat kepada kita semua, amin.

Shlawat serta salam mudah-mudahan tercurahkan kepada junjungan nabu besar Muhammad saw, karena dengan ajaran agama Islam kita bisa membedakan yang haq dan yang bathil, berkat hidayah dari Allah swt.

Orang Islam satu sama lain adalah saudara. Untuk itu bila kita menjumpai kemunkaran di lingkungan kita, maka hendaklah secepat mungkin untuk dihapus. Karena menegaskan amar ma’ruf nahi munkar menjadi kewajiban semua umat muslim.

Dan tidak menutup kemukinan dijaman era globalisasi ini, banyak kemungkaran yang nampak jelas di lingkungan kita, baik di desa maupun oleh kawula muda, disan sini sering terjadi pengedaran ekstasi, wanita islam berpakaian telanjang, pergaulan bebas, dan masih banyak lagi kemunkaran-kemunkaran. Maka dengan pengaruh negatif tersebut, kemudian langkah apa yang harus kita lakukan sebagai umat islam?

Tidak kecuali harus dirubah. Pertama haruslah diubah dengan tangan.bagi orang yang mempunyai kekuasaan haruslah mengubah dengan sanksi akibat kemunkaran tersebut, karena melangar norma agama dan norma masyarakat. Kalau tidak mampu mengubah dengan tangan, maka ubahlah dengan lisan, yaitu memberi nasihat-nasihat. Kalau tidak mampu merubah dengan lisan maka ubahlah dengan hati, yaitu tidak menyukai perbuat munkar tersebut.

Mengenai pentingnya amar ma’ruf nahi munkar, maka Nabi saw. Menjelaskan dalam sabdanya ynag berbunyi:

Artinya : barang siapa yang melihat kemunkaran, hendaklah ia mengubahnya dengan tangannya, apabila tidak mampu, maka dengan lisannya, dan jika tidak mampu, maka dengan hatinya, yakni diam saja itulah iman yang paling lemah.

Hendalah ada dikalangan umat islam yang senantiasa mengajak kepada kebajigkan dan mencegah kemunkaran.nabi saw. Bersabda:

Artinya: perintahlah dengan baik dan laranglah olehmu dari pada munkar sebelum kamu berdoa, maka tidak mendapatkan ijabah untik kamu.

Juga sabda beliau pula:

Artinya: peritahlah olehmu akan kebaikan meskipun kamu belum mengerjakan kebaikan itu dan laranglah olehmu daripada munkar meskipun kamu belum meninggalkan seluruhnya. (HR.Thabarani).

Demikianlah sekilas yang bisa kami sampaikan lewat mimbar kuliah tujuh menit. Mudah-mudahan mebawa manfaat kepada kita semua. Bilahi taufik walhidayat. Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh.


Artikel Terkait
share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Unknown, Published at 16.11