Tinggalkan Perbuatan Dosa !!! Pembuka Rahmat Allah

Tinggalkan Perbuatan Dosa !!! Pembuka Rahmat Allah

Rahmat Allah dalam kata lain kasih sayang Allah turun kepada siapa yang mampu berusaha meninggalkan perbuatan dosa baik dosa besar ataupun dosa kecil. Setiap hari kita wajib meminta ampunan kepada Allah swt dari perbuatan dosa yang pernah dilakukan, diantaranya dengan do'a dan istigfar.

Tetapi, istighfar itu juga tidak laku di sisi Allah selama masih terus dengan sengaja melakukan perbuatan dosa. Dosa bukan saja membuat hati resah, tetapi juga bisa menutup pintu rejeki. Tak heran jika mereka para pelaku dosa yang tidak pernah mau meminta ampunan Allah swt hidupnya menderita, tidak mendapatkan kenyamanan dalam hidup. Itu karena mereka tidak mendapat kasih sayang rahmat Allah swt. Nabi saw bersabda:
"... dan seseorang lelaki akan dienyahkan baginya rejeki karena dosa yang dibuatnya," (Riwayat-Tirmizi). diantara definisi takwa adalah merasa takut kepada Allah Swt, beramal dengan wahyu yang diturunkan, ridha dengan rejeki yang sedikit, dan siap menghadapi kematian. Secara amaliah ketakwaan akan menuntut seseorang bersikap hati-hati karena merasa Allah Swt selalu mengawasi apa-apa yang dilakukannya, sehingga ia tidak akan melanggar larangan-larangan-Nya atau mengabaikan perintah-perintah-Nya.
Orang yang meninggalkan perbuatan dosa digolongkan ke dalam orang yang bertaqwa. Jaminan Allah bagi orang taqwa mereka akan : 1) mendapat jalan keluar dari masalah yang dihadapinya, dan ke 2) memperoleh rizki dari tempat yang tak disangka-sangka. Allah Swt berfirman:
"... Barang siapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Dia akan mengadaka baginya jalan keluar. Dan memberinya rejeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya. Dan barang siapa yang bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. sesungguhnya Allah melaksankan urusan (yang dikehendaki)-Nya. sesunghnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu," (Q.S. At-Thalaq: 2-3)
Ibnu Katsir dalam tafsirnya mengatakan, "Maknanya, barang siapa yang bertakwa kepada Allah dengan melakukan apa yang diperintahkan-Nya dan meninggalkan apa yang dilarang-Nya, niscaya Allah akan memberinya jalan keluar serta rejeki dari Arah yang tidak disangka-sangka, yakni dari arah yang tidak pernah terlintas dalam benaknya."

Pendek kata, bagi orang Islam, untuk murah rejeki dalam arti kata yang sebenarnya, kuncinya adalah buat amalan-amalan takwa. Amalan-amalan ini menjadi sebab jatuhnya kasih sayang Rahmat Allah swt, lalu Allah limpahi hamba-Nya dengan keluasan rejeki dan rasa kaya dengan pemberian-Nya.


Artikel Terkait
share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Unknown, Published at 03.59