tiga perkara yang dicintai Allah dan tiga perkara di benci Allah | kultum

tiga perkara yang dicintai Allah dan tiga perkara di benci Allah | kultum

Degan memanjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah swt. atas segala rahmat-Nya, sehingga kita bisa mengingkuti kegiatan kuliah tujuh menit tanpa ada halangan apapun.

Shalawat serta salam mudah-mudahan tercurahkan kepada nabi muhammad saw., karena dengan ajaran beliau kita bisa membedakan yang haq dan batihil, berkat hidayah Allah swt.

sebagai hamba yang beriman kepada Allah dengan sesungguhnya tentu saja dia ingin menjalankan sesuatu yang mendatangkan kebaikan. karena dengan kebaikan yang dikerjakan orang-orang beriman, maka Allah akan cinta kepadanya, dan selalu memberikan pahala sebab perbuatan baik tersebut, untuk itu kita harus mempunyai rasa gemar berbagi kgiatan yang arahnya kepada kebaikan dan meninggalkan kejelekan agar kecintaan Allah. Karena segala sesuatu yang bisa mendatangkan kejahatan, maka kemurkaan Allah akan datang. Oleh karena itu sebagai orang beeriman berusaha melakukan kebaikan dan meninggalkan kejelekan agar kecintaan Allah bener-bener di berikan kepada hamba-Nya.

Berkaitan dengan hal tersebut, maka nabi saw. Menjelaskan dalam sabdanya yang berbunyi:

Artinya: bahwasanya Allah meridhakan untukmu tiga perkara dan Allah membencimu untukmu tiga perkara pula. Allah rela akan kamu menyembah-Nya sendiri-Nya dengan tidak memperserikat-Nya dengan sesuatu apapun. Dan hendaklah kamu suka memberikan nasihat kepada orang yang di jadikan Allah pengendalikan urusanmu. Adapun tiga yang di benci-Nya ialah:banyak bicara, banyak bertanya/minta-minta, dan menyiayiakan harta benda.(Hr.Ahmad).

Tiga perkara yang dicitai oleh Allah hendaklah kita kerjakan dengan tulus ikhlas. Adapun tiga perkara itu antara lain:

Menyembah kepada Allah tanpa mempersekutukan dengan sesuatu. Karena Allah saatu-satu-Nya tuhan yang kita sembah dan patut kita mintai pertolongan. jadi kita menyembah kepada Allah haruslah denganpenuh keyakinan yang mendalam tanpa dihatui perasaan-perasaan yang meragukan yang berakibat mendatangkan syirik. Hendaklah tetap berpegang teguh dengan ajaran islam. Dan jangan sampai bercerai berai antara umat islam, karena dimana saj umat islam berada, maka disitulah saudara kita. Orang islam dibutuhkan hidup rukun damai. Persatuan dan kesatuan umat harus benar-benar digalang, agar kekutan islam semakinhari semakin kuat sehingga idak mudah di remehkan dan di injak oleh orang-orang ghairul islam. Jadi orang islam walupun berbedda oraganisasi jangan sampai menimbulkan perpecahan karen asemua itu adalah saudra kita. Dan perbuatan yang mendatangkan kecitaan Allah yang ke tiga adalah memberikan nasihat kepada orang yang diberikan Allah pengendali urusanmu.

Adapun perbutan yang bisa mendatangkan ke bencian Allah antara lain: banyak bicara dalam hal ini kita umat isalm jangan mebiasakan bicara yang banyak/membual. Bicaranya banyak dan tidak ada yang bermanfaat, maka kebencian Allah yang akan kita terima. Jadi langkah yang terbaik agar kita tidak termasuk orang yang banyak bicara, maka lebih baik bicara yang ada manfaynya dan jangan suka menjadi orang yang membual dalm bicara. Dan janganlah memperbanyak pertanyaan/banyak bertanya-tanya tentang sesuatu urusan orang lain. Dan perbuatan ke tiga yang termasuk mendatangkan kebencian Allah adalah: menyiyiakan harta menggunakan hartanya dengan boros. Padahal orang islam harus bisa membelanjakan hartanya pada jalan Allah. Kita haru hidup sederhana jangan sampai berlebih-lebihan.

Demikian yang bisa kami sampaikan lewat mimbar kuliah tujuh menit, mudah-mudahan kita bis memahami dari ketiga perkara tersebut, sehingga bisa di amalkan dalam kehidupan sehari-hari. Wassalamualaikum warahmatullahiwabarakaatuh.




Artikel Terkait
share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Unknown, Published at 01.08