Kemudian yang ke (3) Tingkat efektivitas teknologi pendidikan mempengaruhi karakteristik dari populasi siswa, disain perangkat lunak, peran guru-guru, bagaimana siswa dikelompokkan dan tingkat siswa dalam mengakses teknologi. (4) Karakteristik khusus dari lingkungan belajar yang memaksimalkan keuntungan teknologi pendidikan harus diperhatikan hal-hal berikut ini :
- Guru lebih efektif setelah menerima pelatihan lanjutan dalam integrasi teknologi dengan kurikulum,
- Guru- guru harus hati-hati dalam merencanakan, dan partisipasi aktif dalam aktivitas belajar dalam menyertakan perangkat lunak,
- Guru-guru harus menawarkan siswa belajar mengarahkan diri pada pengalaman dan aktivitas yang mendorong ekspresi diri,
- Keuntungan siswa-siswa dari interaksi personal antar anggota-anggota kelas.
Lalu ke (7) Kursus yang mana menggunakan jaringan berbasis komputer yang digunakan meningkatkan hubungan siswa dengan siswa ataupun interaksi siswa dengan guru dengan tidak merendahkan siswa dan tidak menurunkan penggunaan bentuk tradisional dan komunikasi. (8) Kerja sama siswa, saling membagi, dan perilaku menolong yang terjadi ketika belajar berbasis komputer memberi kesempatan berkompetisi melawan komputer dibandingkan melawan sesamanya.
Berdasarkan beberapa pemikiran di atas maka dalam penelitian ini begitu pentingnya pemanfaatan teknologi komunikasi dan informasi (TIK) dalam pendidikan, sebagai suatu kecenderungan global dalam Pendidikan yakni : (1) pendidikan mengarah pada pendidikan terbuka, fleksibel, dan jarak jauh, (2) perkembangan telematika mengarah pada belajar sepanjang hayat, (3) lembaga-lembaga pendidikan yang mempunyai satu kepentingan untuk memanfaatkan sumber-sumber secara bersama akan berkolaborasi dalam suatu jaringan pendidikan jarak jauh, (4) penggunaan teknologi dalam pendidikan, (5) pendidikan dapat diakses dan terjadi pemerataan, (6) variasi belajar dengan belajar dari berbagai sumber.
Selanjutnya dalam era globalisasi pemanfaatan tehnologi komunikasi dan informasi (TIK) akan membawa dampak pula pada paradigma baru dalam pendidikan. Perkembangan teknologi yang membawa suatu bentuk kemudahan dalam akses informasi, yang tidak terbatas oleh waktu dan jarak inilah yang membawa kecenderungan global dalam pemanfaatan teknologi komunikasi dan informasi (TIK) dalam pendidikan.
Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa adalah Pemanfaatan Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk pendidikan adalah hal yang urgen. Sehingga hal yang mutlak penggunaan TIK dalam pembelajaran didalam kelas tidak bisa ditunda-tunda lagi. Karena anak didik adalah generasi yang akan bersaing pada era supermodern atau supercanggih dalam kehidupannya. Maka sudah selayaknya Penggunaan TIK dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah sebagai penunjang prestasi akademik merupakan suatu keharusan dan sebagai suatu bekal kelak bagi lulusan mereka dimasa depan untuk dapat bersaing dengan bangsa-bangsa lain
Referensi resume :
Harley, Peter. (1990). The Technology of Communication “Technology in Human Cummunication . London : Pinter Publiser, hal. 18.