Hidup bertetanga|kultum

Hidup bertetanga|kultum

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh
Yang saya mulyakan bapak dewan gauru,dan teman-teman seperjuangan dan sekaidah yang kami cintai. Hanya dengan nikmat dan anugerah dari Allah kita bisa bertemu muka dalm acara kuliah tujuh menit, yang sekian lama sudah berlangsung dengan tertib. Maka hal semacam ini patut sekali kita syukuri agar kita termasuk hamba Allah yag benar-benar mensyukuri segala kenikmatan yang kita terima.
Shalalawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan nabi besar Muhamad saw.,karena dengan menyebarnya ajaran islam ini, kita bisa memilih jalan yang benar dan bisa pula menjauhi jalan yang sesat, berkah dari Allah swt.
Konsep islam perlu sekali di terapkan dalam kehidupan bertetangga. Sehingga pergaulan tehadap tetangga bisa harmonis. Dan memang berbuat baik terhadap tetangga merupakan hal yang disyariatkan oleh agama islam. Oleh karena itu orng-orang beriman harus mampu menciptakan rasa hormat, mencintai, menyayangi terhadap tetangga. Dan jangan sekali-kali menyakiti tetangga, baik dengan omong maupun perbuatan.
Jadi berbuat baik kepada tetangga harus benar-benar menjadi kenyataan dalam kehidupan ini, agar kita bisa dibilang orang beriman kepada Allah yang sesungguhnya.
Nabi saw. Bersabda:
Artinya: barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhir, maka hendaknya berbuat baik kepada tetangganya. (HR.Bukhari dan Muslim)
Agar kita termasuk umat islam yang baik menuru pandangan Allah, maka berbuatlah baik kepada teman, maupun tetangga. Dan perbuatan baik yang kita lakukan tersebut hendaklah karena Allah semata. Bukan pamrih, tidak ingin di sanjung dan di puji.
Berkaitan denga hal tersebut, maka Nabi saw. Bersabda:
Artinya: sebaik-baik teman menurut pandangan Allah ialah orang yang paling baik kepada temannya, dan sebaik-baik tetangga di sisi Allah ialah orang yang paling bail kepada tetangganya. (HR.Turmudzi).
Tidak sedikit yang kita jumpai dalm hidup bertetangga yang jahat, maka langkah apa yang perlu kita terapkan untuk menghadapi tetangga yang jahat? Tiada lain langkah yang perlu di terapakan adalah kesabaran yang mendalam. Jadi pendek kata, bahwa tetangga yang jahat jangan dibalas dengan kejahatan.
Kiranya sampai disini dulu jumpa kita melalui mimbar kultum semoga kita mampu menerpakan ajaran islam yang sesungguhnya dalam kehidupan ini, sehinga kita mampu bergaul dengan tetangga yang sebaik-baiknya.
Akhirul kalam, wassalamu’alikum warahmatullahi wabarakaatuh.


Artikel Terkait
share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Unknown, Published at 09.58