Mengucapkan salam | kultum

Mengucapkan salam | kultum

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

Yang saya hormati .........,beserta ..........,dan hadirin yang berbahagia.Untuk mengawali jumpa kita lewat mimbar kuliah tujuh menit,maka marilah kita sejenak menyanjungkan puja dan puji syukur kehadirat Allah swt., atas limpahan rahmat-Nyah, sengga kita bisa mengikuti kegiatan kutum,tanpa ada halangan suatu apapun.

Shalawat serta salam semoga tetap tercurah kepada junjungan nabi besar Muhamad saw., karena beliaulah sebagai suri tauladan dalam hidup ini, yang patut kita ikuti segera lankahnyah.

Hadirin sekalian yang berbahagia.

Semua orang tentunyah mendambakan, bahwa di akhirat kelak bisa masuk surga. Karena surga merupakan kediaman yang penuh denga berbagai kenikmatan yang abadi.Dan untuk mencapai ke surga tidaklah hanya ditempuh dengan seenaknyah saja dalam hidup ini. Padahal hamba Allah yang bisa masuk surga, adalah hamba yang beriman dengan sesungguhnyah.Dan untuk mencapai iman atau hamba itu disebut beriman, maka haruslah saling mencintai sesama saudara. Kemudian langkah apa yang perlu diterapkan agar orang itu bisa salig mencintai terhadap saudaranyah? Lakah yang perlu kita terapkan dalam hidup agar benar-benar terjalin rasa cinta terhadap saudara ialah menyapaikan ucapan salam diantara kita.

Dalam hal ini Nabi saw. Bersabda:

Artnyah:kamu tidak akan masuk surga, sehigga kamu telah beriman, dan kamu tidak dianggap beriman, kecuali kamu saling mencintai.Maukah kamu saya tunjukan tentang sesuatu,yang apabila kamu kerjakan pasti kamu akan saling mencintai? Sampaikan salam diantara kamu. (HR.Muslim).

Ucapan salam merupakan perbuatan terpuji yang patut kita sampaikan kepada siapa saja, bik yang anda kenal, maupun yang tidak kita kenal.Dan ucapan salam itu merupakan perbuatan yang paling baik dalam isalam. Seubungan dengan hal ini, maka Nabi saw. Bersabda:

Artinyah:Bahwasanyah seseorang laki-laki bertanya kepada Rasulullah saw. Perbuatan apakah yang paling baik dalam islam, Rasulullah menjawab: meberikan makan kepada fakir miskin, dan mengucapkan salam kepada siapa saja,baik yang engkau kenal maupun yang engkau tidak kenal. (HR.Bukhari dan Muslim).

Hadirin sekalian yang berbahagia.

Juga sabda beliau saw.:

Artinyah:Wahai sekalian manusia, sampaikan ucapan salam (kepada siapa saja orang islam), dan hendaklah engkau suka meberikan makan,dan salatlah di waktu malam dikala orng sedang nyenyak tidur, niscaya engkau akan masuk surga denga selamat.

Hadirin sekalian yang kami hormatai.

Dan perlu juga kita mengetahui tentang tata cara mengucapkan salam, terhadap semua muslim, baik yang kita kenal, atau yang tidak kita kenal. Dan tata carnyah mengucapkan salam adalah sebagai berikut:

-Hendaklah orang yang naik kendaraan memberikan salam kepada orang yang berjalan kaki.

-Hendaklah orang yang berjalan kaki memberikan salam kepada orang-orang yang duduk.

-Hendaklah rombongan orang sedikit memberkan salam kepada rombongan orang yang banyak.

-Dan orang yang muda usianyah memberikan salam kepada orang yang lebih tua.

Itulah tata cara menguacapkan salam dalam syariat islam.Demikianlah yang bisa kami sampaikan. Mudah-mudahan membawa manfaat, kurang lebihnyah kami mohon maaf.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh.


Artikel Terkait
share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Unknown, Published at 12.15